pesta kemenangan timnas indonesia vs singapore

  • Tim Nasional Indonesia (ANTARA/Prasetyo Utomo)


    Indonesia dan Malaysia akan bertemu lagi di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2012, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (1/12) malam WIB. Indonesia bisa lolos ke semi final cukup dengan bermain seri. Tapi Malaysia wajib mengalahkan Indonesia supaya masuk semi final.

    Pertemuan kedua tim selalu menegangkan dan seru. Faktor politik, budaya sampai bahasa selalu dibawa-bawa saat dua tim serumpun itu bertemu.

    Dari catatan pertemuan yang dimuat di detiksport.com, Kamis (29/11), Tim Garuda dan Tim Harimau Malaya sudah bertemu sebanyak 65 kali. Untuk pertemuan di Piala AFF (dulu Piala Tiger), Indonesia sudah menang empat kali dari tujuh pertemuan sejak 1996 silam. Sedangkan Malaysia menang tiga kali.

    Melawan Malaysia selalu tidak pernah mudah. Apalagi tim Malaysia di Piala AFF 2012 ini sudah terbentuk sejak tiga tahun lalu, plus status juara bertahan. Anak asuh Rajagopal memiliki kelebihan di sektor sayap yang cepat dan piawai memberikan umpan-umpan silang. Pemain lapangan tengah
    Selengkapnya »dari Melawan Malaysia Tak Pernah Biasa
  • Saat Nil Maizar Mencuri Hari

    Oleh | Arena – Kam, 29 Nov 2012 08:01 WIB
    AFP/Mohd Rasfan
    Pelatih Nil Maizar pantas mengeluarkan air mata haru di depan suporter Indonesia yang memadati Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11). Nil sadar bahwa tanpa dukungan suporter, timnas Indonesia tak akan pernah mampu meraih kemenangan 1-0 atas 10 pemain Singapura.

    Nil juga pantas bersyukur betapa strateginya terbayar lunas. Dia pasti dengan sadar mengambil keputusan bahwa skuad harus diacak -- terlepas ada krisis kiper dan cedera pemain di tim Indonesia. Tampak sekali Nil menghitung cermat strateginya.

    Sebelum pertandingan, pelatih Singapura, Radojko Avramovic, sedikitnya dua kali menilai kepiawaian Bambang Pamungkas, Andik Vermansyah, dan Irfan Bachdim serta pemain naturalisasi Indonesia. Bagi pelatih lawan manapun, pernyataan Avramovic adalah sinyal akan adanya perhatian khusus pada pemain yang disebut.

    Dan kenyataannya, betapa Bachdim tak berkutik di babak pertama. Ia kesulitan menembus final third Singapura, baik dengan bola maupun tanpa bola.
    Selengkapnya »dari Saat Nil Maizar Mencuri Hari
  • Indonesia Bermodalkan Mental Baja

    Oleh | Arena – Sen, 26 Nov 2012 18:08 WIB

    ANTARA/Prasetyo Utomo

    Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sepak bola di ASEAN dalam dua tahun terakhir, saya sengaja menonton seluruh partai pembuka Piala AFF 2012. Mulai dari Vietnam vs Myanmar dan Thailand vs Filipina (Sabtu, 24/11) hingga Indonesia vs Laos dan Malaysia vs Singapura (Minggu, 25/11).
    Kejutan datang dari Singapura. Menang 3-0 atas Malaysia, permainan mereka paling berbeda dari semua kontestan di kedua grup (setidaknya di partai pertama). Gerak-gerik, rotasi pergerakan, aliran bola, serta ideologi permainan saat menyerang dan bertahan mereka sungguh modern. Padahal dua tahun lalu mereka tidak seperti itu meski materi skuat tidak jauh berbeda.

    Malaysia dan Thailand juga punya permainan modern, tapi masih kalah dari Singapura.

    Yang paling mencengangkan adalah Laos dan Myanmar. Kedua tim ini memperlihatkan kemampuan sepak bola yang seharusnya dan sesuai pakem. Para pemain Myanmar dan Laos dengan fasih mampu bergerak senada. Jarak antarpemain selalu terpelihara. Bila satu pemain bergerak
    Selengkapnya »

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
devi kurniawan.inspirasi © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter